Apa itu Bentonit?

Istilah Bentonit pertama kali digunakan untuk tanah liat yang ditemukan sekitar tahun 1890 dekat Benteng Benton, Montana. Konstituen utama yang merupakan faktor penentu sifat lempung adalah mineral lempung montmorillonit. Pada akhirnya bentonit mendapatkan namanya dari deposit di Montmorillon, di Prancis Selatan.

Bentonit adalah lempung yang sering dihasilkan dari alterasi abu vulkanik, yang sebagian besar terdiri dari mineral smektit, biasanya montmorillonit. Mineral kelompok smektit lainnya termasuk hectorite, saponite, beidelite dan nontronite. Smektit adalah mineral lempung, yaitu terdiri dari kristalit individu yang sebagian besar berukuran <2┬Ám dalam dimensi terbesar. Kristalit smektit sendiri adalah mineral lempung tiga lapis. Mereka terdiri dari dua lapisan tetrahedral dan satu lapisan oktahedral. Dalam lapisan tetrahedral montmorillonit yang terdiri dari [SiO4] – tetrahedron menyelubungi lapisan [M(O5,OH)]-oktahedron (M = dan terutama Al, Mg, tetapi Fe juga sering ditemukan). Lapisan silikat memiliki sedikit muatan negatif yang dikompensasi oleh ion yang dapat dipertukarkan di wilayah interkristalit. Muatannya sangat lemah sehingga kation (dalam bentuk alami, terutama ion Ca2+, Mg2+ atau Na+) dapat diadsorpsi di daerah ini dengan cangkang hidratnya. Tingkat hidrasi menghasilkan pembengkakan interkristalin. Bergantung pada sifat asalnya, bentonit mengandung berbagai mineral tambahan selain montmorillonit. Mineral ini mungkin termasuk kuarsa, feldspar, kalsit dan gipsum. Kehadiran mineral ini dapat berdampak pada nilai industri dari suatu deposit, mengurangi atau meningkatkan nilainya tergantung pada aplikasinya. Bentonit menyajikan sifat koloid yang kuat dan volumenya meningkat beberapa kali ketika bersentuhan dengan air, menciptakan cairan agar-agar dan kental. Sifat khusus bentonit (hidrasi, pembengkakan, penyerapan air, viskositas, thixotropy) menjadikannya bahan yang berharga untuk berbagai kegunaan dan aplikasi.

Deposit bentonit biasanya dieksploitasi dengan penggalian. Bentonit yang diekstraksi sangat padat, bahkan dengan kadar air sekitar 30%. Bahan awalnya dihancurkan dan, jika perlu, diaktifkan dengan penambahan soda abu (Na2CO3). Bentonit selanjutnya dikeringkan (udara dan/atau pengeringan paksa) untuk mencapai kadar air sekitar 15%. Menurut aplikasi akhir, bentonit diayak (bentuk granular) atau digiling (menjadi bubuk dan bentuk bubuk super halus). Untuk aplikasi khusus, bentonit dimurnikan dengan menghilangkan mineral gangue terkait, atau diolah dengan asam untuk menghasilkan bentonit yang diaktifkan asam (bleaching earth), atau diolah dengan organik untuk menghasilkan organoclay.

Pengecoran: Bentonit digunakan sebagai bahan pengikat dalam persiapan pasir cetak untuk produksi besi, baja dan pengecoran non-ferrous. Sifat unik dari bentonit menghasilkan cetakan pasir hijau dengan kemampuan mengalir yang baik, kemampuan kompak dan stabilitas termal untuk produksi coran berkualitas tinggi.

Kotoran Kucing: Bentonit digunakan untuk kotoran kucing, karena keunggulannya dalam menyerap sampah dengan membentuk gumpalan (yang dapat dengan mudah dihilangkan) sehingga sisa produk tetap utuh untuk digunakan lebih lanjut.

Pelletizing: Bentonit digunakan sebagai bahan pengikat dalam produksi pelet bijih besi. Melalui proses ini, bijih besi halus diubah menjadi pelet bulat, cocok sebagai bahan pakan dalam tanur tinggi untuk produksi besi kasar, atau dalam produksi besi reduksi langsung (DRI).

Konstruksi dan Teknik Sipil: Bentonit dalam aplikasi teknik sipil digunakan secara tradisional sebagai thixotropic, dukungan dan agen pelumas di dinding diafragma dan fondasi, dalam pembuatan terowongan, dalam pengeboran arah horizontal dan jacking pipa. Bentonit, karena viskositas dan plastisitasnya, juga digunakan dalam semen Portland dan mortar.

Pasar Lingkungan: Sifat adsorpsi/penyerapan Bentonit sangat berguna untuk pemurnian air limbah. Arahan lingkungan umum merekomendasikan tanah permeabilitas rendah, yang secara alami harus mengandung bentonit, sebagai bahan penyegel dalam konstruksi dan rehabilitasi tempat pembuangan sampah untuk memastikan perlindungan air tanah dari polutan. Bentonit adalah lapisan pelindung aktif lapisan tanah liat geosintetik.

Pengeboran: Penggunaan bentonit konvensional lainnya adalah sebagai penyusun lumpur untuk pengeboran sumur minyak dan air. Perannya terutama untuk menutup dinding lubang bor, untuk menghilangkan stek bor dan untuk melumasi kepala pemotongan.

Pasar Minyak/Makanan: Bentonit digunakan untuk menghilangkan kotoran dalam minyak di mana sifat penyerapannya sangat penting dalam pemrosesan minyak dan lemak yang dapat dimakan (minyak kedelai/kelapa sawit/canola). Dalam minuman seperti bir, anggur dan air mineral, dan dalam produk seperti gula atau madu, bentonit digunakan sebagai agen klarifikasi.

Pertanian: Bentonit digunakan sebagai suplemen pakan ternak, sebagai bantuan pelet dalam produksi pelet pakan ternak, serta bantuan daya alir untuk bahan pakan yang tidak dikonsolidasi seperti bungkil kedelai. Ini juga digunakan sebagai penukar ion untuk perbaikan dan pengkondisian tanah. Ketika diperlakukan secara termal, dapat digunakan sebagai pembawa keramik berpori untuk berbagai herbisida dan pestisida.

Farmasi: Pasar Kosmetik dan Medis: Bentonit digunakan sebagai pengisi dalam obat-obatan, dan karena fungsi penyerapan/penyerapannya, memungkinkan pembentukan pasta. Aplikasi tersebut termasuk krim pelindung industri, lotion kalamin, kompres basah, dan antiiritan untuk eksim. Dalam pengobatan, bentonit digunakan sebagai penangkal keracunan logam berat. Produk perawatan pribadi seperti paket lumpur, cat terbakar sinar matahari, bedak bayi dan wajah, dan krim wajah semuanya mungkin mengandung bentonit.

Deterjen: Deterjen cucian dan pembersih tangan/sabun cair bergantung pada inklusi bentonit, untuk menghilangkan kotoran dalam pelarut dan untuk melembutkan kain.

Cat: Pewarna dan Poles: Karena sifat tiksotropiknya, bentonit dan organoclay berfungsi sebagai zat pengental dan/atau suspensi dalam pernis, dan dalam cat air dan pelarut. Sifat adsorpsinya dihargai untuk finishing kain sekarat nila, dan pewarna (pernis untuk cat & wallpaper).

Kertas: Bentonit sangat penting untuk pembuatan kertas, di mana digunakan dalam kontrol pitch, yaitu penyerapan resin kayu yang cenderung menghalangi mesin dan untuk meningkatkan efisiensi konversi pulp menjadi kertas serta untuk meningkatkan kualitas kertas. Bentonit juga menawarkan sifat penghilang tinta yang berguna untuk daur ulang kertas. Selain itu, bentonit teraktivasi asam digunakan sebagai komponen aktif dalam pembuatan kertas fotokopi tanpa karbon.

Katalis: Katalis tanah liat yang dimodifikasi secara kimia menemukan aplikasi dalam beragam tugas di mana katalisis asam adalah mekanisme kunci. Terutama, mereka digunakan dalam proses alkilasi untuk menghasilkan aditif bahan bakar.

Cek Juga: Supplier Bentonite