Pandemi Membikin Harga Properti Turun

Pandemi COVID-19 memberi pengaruh ke berjenis-jenis jenis industri, tak terkecuali industri properti. Pun berdasarkan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) mencatat adanya penurunan harga properti sekunder sebanyak 20-30 persen untuk kawasan Jabodetabek.

Inilah sebagian hal yang perlu kau observasi sebelum membeli rumah;

Pastikan situasi jasmaniah rumah dan originalitas dokumen
Harga rumah seken memang sedang turun, melainkan semacam itu kau tak boleh gegabah tanpa mengamati harga pasaran rumah di lokasi yang sama. Kecuali situasi jasmaniah rumah, kau juga semestinya menetapkan bahwa dokumen rumah yang mau kau beli aman. Jikalau kau membeli rumah dengan sistem KPR, karenanya umumnya keadaan sulit dokumen akan dipantau bank secara ketat.

Baca Juga : Rumah DIjual di Tenjo

Manfaatkan subsidi dan program bantuan kepemilikan rumah dari pemerintah.
Hakekatnya ada sebagian program bantuan kepemilikan rumah yang dapat kau manfaatkan untuk membeli rumah dengan gampang. Tetapi, sebab sifatnya bantuan, ada sebagian persyaratan yang semestinya kau penuhi. cuma untuk pembelian rumah pertama dan mempunyai penghasilan di range tertentu.

Pastikan sumber pendapatan kau aman di masa depan
Di tengah pandemi seperti kini ini, ada banyak sektor industri yang terkena imbasnya. Sebagian terpukul betul-betul parah, seperti industri pariwisata, perhotelan, dan penerbangan. Beberapa lagi berefek, tetapi tak banyak seperti industri perbankan. Tetapi ada juga yang mendapat memberi manfaat seperti perusahaan teknologi dan ecommerce.

Jikalau kau mempertimbangkan untuk berinvestasi properti, alias membeli rumah, karenanya pastikan sumber pendapatan kau tak terimbas pandemi sehingga pembayaran angsuran akan aman. Jikalau mungkin, tambah sumber pendapatan kau dengan profesi sampingan. Dengan semacam itu karenanya kau dapat menetapkan bahwa kau dapat membayar angsuran tiap-tiap bulan.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah kau butuh rumah dikala ini?
Jikalau kau dikala ini masih ngontrak rumah atau tinggal di rumah orang tua/mertua, secara profesi aman, dan mempunyai dana cukup, karenanya dapat jadi kini dikala yang ideal untuk membeli rumah. Kecuali harga rumah secondary/ rumah seken yang turun, keperluan hunian juga mendesak juga dapat menjadi alasan. Melainkan ingat, pastikan dahulu kecukupan uang dan rumah yang mau dibeli.

Kunjungi Juga : Perumahan Murah di Tenjo

Kenal dahulu situasi keuangan kau dikala ini
Yang paling penting sebelum mempertimbangkan untuk membeli rumah, ialah mengenal situasi keuanganmu dikala ini. Jikalau kemudian kau masih mempunyai utang yang menumpuk, karenanya ada bagusnya kau urungkan terpenting dulu kemauan untuk membeli rumah atau berinvestasi properti rumah murah di tangerang kota.