Pilihan Keren Substitusi Sedotan Plastik dalam Hidupmu

Paper bag – Coba hitung bersama berapa banyak sedotan plastik yang dipakai satu hari oleh kedai kopi seperti Starbucks. Kalau dalam satu hari ada minimal 200 minuman terjual, berarti ada 200 sedotan plastik yang dipakai. Itu cuma dalam satu hari. Kalau satu bulan, totalnya ada 6000 sedotan plastik. Dan hal hal yang demikian terjadi di lebih dari 200 gerai Starbucks di Indonesia dan lebih dari 20.000 kedainya di dunia. Tentu saja kedai kopi internasional ini dapat jadi salah satu penghasil sampah sedotan plastik terbesar.

Sedangkan formatnya kecil, sekiranya diaplikasikan banyak orang tiap hari, tentu saja sampah sedotan plastik akan menggunung dan menjadi situasi sulit untuk bumi ini. Apalagi plastik sifatnya susah terurai. Malahan ini menjadi tantangan untuk dapat mencari pilihan pengaplikasian sedotan plastik. Meski Starbucks telah mengawali langkah itu dan diperkirakan pada tahun 2020, kedai kopi hal yang demikian tidak akan lagi memakai sedotan plastik di segala gerainya.

Desain tutup gelas ini berprofesi sebaik sedotan dan dapat berfungsi mirip dengan sedotan. Kebijakan tanpa sedotan ini berlaku untuk segala variasi minuman selain frappuccino yang bakal dilengkapi dengan sedotan berbahan ramah lingkungan.

Nggak tabah dong nyobain sippy cup dari Starbucks. Sedangkan kebijakan ini baru akan diawali di sebagian kota, segala kedai Starbucks akan benar-benar tidak dipungut bayaran dari sedotan plastik pada tahun 2020 akan datang. Telah-kaprah kapan ya giliran diaplikasikan di Indonesia?

Meski mulai bermunculan lho penjual sedotan yang tak sekali gunakan umpamanya sedotan metal, kaca, dan bambu. Pembelian sedotan seperti itu umumnya dilengkapi dengan sikat kecil yang berfungsi untuk membersihkan komponen dalam sedotan dan ada kemasan khusus yang membuatnya kece buat dibawa kemana-mana. Dengan membawa sedotan yang dapat diaplikasikan berulang kali ini, karenanya kita nggak perlu meminta sedotan plastik lagi dengan paper bowl.

Loliware dulunya pernah membikin gelas yang dapat dimakan untuk mengurangi sampah gelas plastik, tetapi kini Loliware juga meluncurkan Lolistraw yang yakni sedotan berbahan rumput laut. Sedotan ini dapat dimakan. Tentu saja seandainya dapat dimakan, bahan sedotan ini pastinya gampang diurai. Sedangkan dibuang, Lolistraw nggak akan merusak lingkungan.

Sedotan kertas dapat kok menggantikan sedotan plastik. Malahan sekali gunakan, namun sebab bahannya dari kertas, karenanya tentu saja sedotan ini dapat di daur ulang. Meski berdasarkan yang diinfokan oleh The Guardian, di Inggris akan mengganti sedotan plastik dengan sedotan kertas sebab adanya protes dari konsumennya. Semoga langkah McDonalds Inggris ini akan langsung dicontoh oleh McDonalds negara lain ya.

Yuk coba lihat sekeliling. Ada banyak barang yang cuma sekali gunakan dan usai di daerah sampah misalnya pembalut, popok, dan juga kertas. Seumpama, telah mulai ada solusi bagi ketiga benda hal yang demikian. saja untuk substitusi pembalut telah ada menstrual cup, ada juga popok kain yang menggantikan popok sekali gunakan, dan untuk pengaplikasian kertas bahkan telah makin banyak yang mulai menggantinya dalam wujud komputerisasi seperti cup es cream yang sudah banyak digunakan ini.