Jelang Parade 1000 Kuda di Sumba Barat

sumba

Jelang parade Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat di Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan digelar, sejumlah daerah penginapan di kawasan itu penuh. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengaku, sudah mengecek sebagian hotel dan penginapan yang ada di Waikabubak, tapi tak ada yang kosong. “Hotel dan penginapan lainnya di Waikabubak, sudah di-booking semenjak minggu lalu, oleh para pelancong mancanegara ataupun pelancong dalam negeri,”

Marius mengaku berbahagia dan berbangga dengan antusiasme para pelancong yang berharap menyaksikan parade kuda dan festival tenun ikat. “Tentunya ini menandakan energi tarik parade Kuda Sandalwood dan tenun ikat. Dengan demikian itu, terang menandakan bahwa pengembangan ekonomi lokal yang nampak,” katanya.

Dampak penuhnya sejumlah hotel dan daerah penginapan di Waikabubak, para pelancong dan tetamu lainnya terpaksa mencari rumah-rumah penduduk untuk menginap. “Aku berbangga sekali jika hotel penuh. Terang sekali itu menandakan jika banyak orang yang demikian itu beratensi untuk ke Sumba. Jika orang lain mengeluh hotel penuh, aku sebagai kepala dinas, justru betul-betul berbangga dan berbahagia,” tuturnya.

Marius malah mau, masyarakat se-daratan Sumba terutamanya para pelaku usaha, agar mulai membangun hotel yang besar di Waikabubak dan sekitarnya, atau di ibu kota kabupaten se-daratan Sumba. Para pelaku usaha, lanjut Marius, patut mengantisipasinya seketika, sebab event-event besar, akan dilaksanakan tiap-tiap tahun di Pulau Sumba.

Berdasarkan Marius, dikala ini energi tarik pelancong ke Pulau Sumba betul-betul tinggi sekali dan tentunya mereka akan memerlukan hotel, cafe dan sentra sentra souvenir. Tingginya animo pelancong ke Pulau Sumba, menyusul pemberitaan Majalah Focus asal Jerman, yang menobatkan Sumba sebagai salah satu pulau terindah di dunia. Marius juga mau, pemerintah kabupaten lainnya di segala NTT, supaya menyiapkan diri guna mengantisipasi perkembangan-perkembangan pariwisata yang dikala ini grafiknya lagi meningkat.