Sebelum Dirumorkan Jadi ‘Pabrik Esemka’, Pabrik Ini Memproduksi Botol

esemka

Salah satu lokasi yang diduga akan memproduksi kendaraan beroda empat Esemka berada di kawasan River Green, Cileungsi, Bogor. Sebelumnya dikenal bahwa pabrik hal yang demikian adalah rumah produksi dari kendaraan beroda empat Geely.

Tapi sayang ketika setibanya di pintu gerbang pabrik, petugas keamanan timbul, sesudah lapor dan menyapa, mereka tak bersedia untuk melanjutkan kiprah pabrik yang diduga bakal menjadi rumah produksi Esemka ini.

Lokasi pabrik ini terbilang unik, pasalnya masih berdekatan dengan pemukiman warga desa Situsari. Pun ada salah satu rumah warga yang masih melekat dengan tembok pabrik hal yang demikian, sehingga lalu lalang kegiatan di dalam pabrik dapat tampak terang.

Rumah itu umum memasarkan makanan dan minuman ringan untuk warga sekitar dan para pekerja pabrik umum dipanggil bu haji. Dia berkisah seandainya sebelum menjadi gudang kendaraan beroda empat, bangunan yang berdiri di sampingnya adalah daerah pembuatan botol dan motor.

“Dulunya itu pabrik botol kayak kratingdaeng, ABC, sesudah itu jadi pabrik motor Minerva, nah kini jadi gudang kendaraan beroda empat,” ungkap Bu Haji sembari membuatkan es jeruk di tengah panasnya Cileungsi.

Tidak cuma Bu Haji, warga absah Desa Situsari lainnya juga mengucapkan hal yang sama. “Ya memang sebelum Geely, ada pabrik botol dan motor Minerva, lebih ramai waktu itu,” ungkap Nashim.

Artinya lokasi mantan-pabrik botol dan sepeda motor Minerva yang sekarang berfungsi sebagai perakitan kendaraan beroda empat Geely hal yang demikian diduga akan diciptakan salah satu lokasi produksi kendaraan beroda empat Esemka.

Kecuali di Cileungsi, pabrik Esemka juga disebut-ucap berada di Boyolali. detikOto malah sempat mengunjungi pabrik hal yang demikian tapi tak dibolehkan untuk masuk dan mengambil foto. Di gerbang pabrik menonjol artikel PT Solo Manufaktur Kreasi yang juga dikenal sebagai salah satu produsen Esemka.

Sejumlah kendaraan beroda empat menonjol berjajar di halaman pabrik kendaraan beroda empat Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Beroda macam pikap itu diperkirakan adalah hasil perakitan di pabrik hal yang demikian, dari penampilannya mirip pikap Esemka Bima yang kerap tampak sebagian waktu lalu.