Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Cengkeh

Cengkeh ialah rempah serbaguna dengan rasa manis dan bebauan harum yang khas. Cengkeh lazimnya dipakai sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman water treatment hangat, sampai untuk memperkuat bebauan kudapan manis. Tetapi terbukti, kandungan gizi dalam cengkeh juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat cengkeh yang dapat kita peroleh? Satu sendok teh cengkeh (2 gram) mengandung tenaga sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat.

Satu sendok teh cengkeh juga cakap memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari keperluan harian tubuh. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, walaupun jumlahnya sedikit. Beragam vitamin dan mineral penting inilah yang mendorong manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh:

1. Melindungi dari kanker

Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu perkembangan kanker. Cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk menolong menetralisir radikal bebas. Tenaga antioksidan dalam cengkeh pun dilaporkan lima kali lebih tepat sasaran ketimbang vitamin E dan ragam antioksidan lainnya. Penumpukan radikal bebas dalam tubuh bisa merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif sehingga memicu berjenis-jenis penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, hingga menyebabkan penuaan.

2. Membunuh kuman penyebab penyakit

Cengkeh mempunyai sifat antibakteri yang cakap menghentikan infeksi. Sebuah penelitian menampilkan bahwa minyak esensial cengkeh tepat sasaran membunuh kuman E. coli yang bisa menyebabkan kram perut, diare, sampai kelelahan. Cengkeh juga menolong menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua ragam kuman penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis). Seandainya tak berkeinginan mengunyah cengkeh, pakailah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk menerima manfaat yang satu ini.

3. Meningkatkan kesehatan hati

Tidak cuma melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh bisa menolong meningkatkan kesehatan hati. Sebuah penelitian binatang yang dilaksanakan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh bisa meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Penelitian lain menampilkan bahwa eugenol menolong meredakan gejala sirosis hati.

 

 

Sumber Terkait : hydromart.co.id