Mengintip “Pabrik” Baru Google yang Unik

ruang kantor

Virtual Office – Untuk urusan kreativitas ruang kantor, Google yaitu salah satu perusahaan cukup serius berhubungan kenyamanan kerja karyawannya. Ini kelihatan pada kantor baru Google di Pittsburg, California, Amerika Serikat, yang sebelumnya yaitu sebuah pabrik tua dengan luas 45.000 meter persegi. Mengutip website Inhabitat, kantor baru Google di Pittsburg ini yaitu sebuah bangunan lama yang kemudian diolah dengan mempertahankan konstruksi seperti bangunan aslinya.

Mengusung konsep “reuse”, Google mencoba mengaplikasikan konsep gedung berkelanjutan, yang menyesuaikan diri memanfaatkan bangunan lama menjadi sebuah daerah baru berdaya guna. Seolah menular, bangunan dan lingkungan di sekitar kantor yang dulunya yaitu pabrik bernama Nabisco, malahan ikut serta beres-beres.

Kantor “pabrik” Google ini didesain oleh perusahaan arsitektur lokal bernama Strada. Berdasarkan Strada, kantor ini tak cuma mempertahankan suasana pabrik seperti fungsi gedung sebelumnya, namun juga menyodorkan panorama segala Kota Pittsburg. Di dalamnya, interior kantor terinspirasi dari Kennywood Amusement Park, yaitu sebuah taman tenar di Pittsburg. Rancangan ini memadukan nuansa bangunan orisinil pabrik dengan sentuhan modern di dalamnya.

Rangka penopang bangunan pabrik sebelumnya dipertahankan, pencahayaan gedung dihasilkan secara alamiah, dan suasana kantor dihasilkan ceria dan playfull, sehingga para karyawan Google malahan bisa berprofesi nyaman seolah bukan di ruang kantor.

Konon, pandangan baru jenius ini didapat dengan bantuan para karyawan Google sendiri. Ya, selama empat hari, para karyawan dipinta mendonasi rekomendasi untuk memutuskan rupa tepat sebuah ruang kerja, termasuk apa saja hal yang disukai ataupun sebaliknya di kantor ini. Seluruh itu lalu dirangkum sampai terbentuk menjadi sebuah kantor unik, yang lain dari umumnya.

 

 

Artikel Lainnya : https://servio.co.id/sewa-kantor-murah-jakarta-selatan/