Mengetahui Alat Teknik

Alat Teknik

Dalam dunia industri ataupun perbengkelan, Alat teknik yang diaplikasikan pasti menjadi suatu hal utama dan sepatutnya ada serta cocok dengan keperluan suatu industri itu sendiri. Alat teknik yang diaplikasikan dalam bidang industri ataupun perbengkelan betul-betul banyak dan bermacam-macam-jenis jenisnya. Melainkan taukah Anda menurut jenisnya alat teknik dibedakan menjadi 2, hand tools dan power tools. Bagi Anda yang masih lazim mengenai 2 istilah ini, berikut merupakan penjelasannya :

Hand Tools merupakan alat teknik yang diaplikasikan dalam dunia industri ataupun perbengkelan yang menerapkan energi manusia untuk pengoperasiannya. Sebagai umpamanya merupakan alat-alat yang gampang dijumpai di sekitar kita seperti obeng, kunci inggris, tang, gergaji, kunci tepat, palu, serta masih banyak yang lainnya. Alat teknik seperti ini gampang kita jumpai dimana saja. Tak cuma di bengkel atau pabrik, malah di rumah malahan kita dapat dengan gampang menemui alat teknik macam ini.

Power tools yakni kelengkapan industri yang penggunaannya menerapkan energi listrik ataupun fluida. Dengan menerapkan power tools, para pekerja akan lebih gampang meyelesaikan pekerjaannya sebab telah pasti meringankan, hemat energi, dan lebih kencang. Sebagian alat teknik yang menerapkan energi listrik seumpama bor listrik, las listrik, kompresor, serta mesin gerinda. Alat teknik hal yang demikian pasti telah tak asing lagi bagi Anda serta bisa dijumpai di mana saja. Padahal di industri tertentu dimana pengaplikasian power tool elektrik dilarang (industri perminyakan dan gas, pertambangan, pabrik amunisi dan industri lain yang memerlukan tool yang anti ledakan (explosion proof)), tools dengan pelopor udara (pneumatic) betul-betul diperlukan, seperti mesin bor, gerinda tangan, mesin amplas, mesin obeng, vacuum cleaner dan lain-lain yang digerakkan oleh energi angin.

Kedua macam Alat teknik diatas tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hand tools penggunaannya merupakan manual tanpa listrik dan tanpa mesin, tentu dalam menuntaskan sebuah profesi akan relatif lebih lama dan membutuhkan energi, tapi di sisi lain mereka mempunyai kelebihan seperti dapat lebih mendetail dikala melaksanakan profesi secara manual.

Jadi, mana yang lebih Anda pilih ?

 

Baca Juga : Mesin Las

Leave a Comment

Your email address will not be published.