Sejarah Kulkas

Pada zaman kini ini, kita tak dapat terlepas dari penerapan kulkas sebagai alat untuk menjaga kesejukan dan kwalitas makanan. Tetapi, sebelum munculnya kulkas, masyarakat lebih banyak membawa makanan mereka ke pinggir danau yang bersalju, kemudian menaruhnya di sana untuk mengawetkannya. Di Indonesia sendiri yang pada dasarnya tak mempunyai salju, mempunyai sebagian sistem pengawetan yang dipakai, seperti pengasapan, pengasinan, dan pengeringan. Tetapi, metode-metode ini dianggap belum cukup praktis. Oleh sebab itu, mulailah dijadikan mesin pendingin yang kini kita ucap kulkas. Berikut ini merupakan penjelasan sejarah munculnya kulkas sehingga bisa kita pakai kini ini.

Bermula dari tahun 1784, seorang ilmuwan Skotlandia bernama William Cullen dari Glasgow University yang memaksimalkan sebuah mesin pendingin simpel. William Cullen ini merupakan seorang pakar kimia, fisika, dan juga pakar dalam bidang kedokteran yang pertama kali menyadari bahwa makanan yang didinginkan akan mengurangi pertumbuhan kuman. Hal inilah yang mendukungnya untuk menjadikan mesin pendingin. Tetapi, mesin pendingin ini kemudian dioptimalkan lebih lanjut oleh Jacob Perkins yang berasal dari Amerika. Dengan melaksanakan tes untuk membekukan air, Perkins menerapkan eter dan tekanan uap air dan akhirnya, dia sukses membekukan air hal yang demikian.

Kulkas penemuan Jacob Perkins yang telah mulai bisa membekukan air hal yang demikian kemudian dioptimalkan lagi lebih lanjut oleh ilmuwan Jerman bernama Karl Von Linden. Cara yang dipakai Karl Von Linden merupakan dengan menerapkan bahan kimia seperti amonia, belerang dioksida, dan klorida metil sebagai media dalam membekukan air.

Itulah sejarah timbul dan perkembangannya kulkas sampai menjadi kulkas yang kini ini sudah banyak dipakai. Untuk Anda yang berkeinginan mengganti kulkas lama Anda dengan kulkas baru yang berkwalitas, tetapi konsisten mempunyai harga kulkas yang relatif murah, Anda bisa memperolehnya via Wahanasuperstore.com, sebuah web belanja elektronik online terlengkap dengan lebih dari 25 dealer elektronik di semua Indonesia yang menyampaikan pelbagai elektronik di tiap-tiap keperluan Anda.

 

Baca Juga : Keren! Dua mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Ciptakan Pelubang Plastik Mulsa

Leave a Comment

Your email address will not be published.